Selasa, 13 September 2011

Persiapan Ulangan Tengah Semester (UTS)

Tiga pekan ke depan, k.l 20 hari lagi, SMPIT Al-Ittihad akan mengadakan Mid Test (Ulangan Tengah Semester -UTS) tepatnya insyaAllah akan diadakan mulai Senin, 3 Oktober 2011.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita cermati bersama.
Untuk Orang Tua/wali murid mari bersama kita memberikan perhatian yang lebih kepada anak. Dalam hal ini lebih memperhatikan pola belajar anak, jadwal aktifitas dan rutinitas mereka kita arahkan untuk lebih teratur dan terjadwal dengan baik. Porsi bermain games ataupaun aktifitas online di internet sebaiknya dikurangi kalau tidak bisa dihentikan. Sebenarnya internet dan gadget yg memberi akses mudah mereka berkomunikasi bisa bermanfaat positif asal orang tua paham cara memanfaatkan media ini dengan baik dalam membantu pembelajaran atau berdiskusi dengan teman atau ahli di dunia maya, hanya saja pendampingan mutlak diperlukan,

Guru -ustadz dan ustadzahbaik kepala sekolah, dan tenaga kependidikan terutama wali kelas maupun guru mata pelajaran, perlu untuk meninjau kembali materi yang akan diujikan, jangan memberikan pertanyaan di luar yang sudah dipelajari murid. Mempersiapkan kisi-kisi soal dan juga memberi tahu murid nilai mereka yang masih di bawah KKM, memberikan remedial/tpk dan membimbing atau mengulang kembali bagi mereka yang belum mengerti. Hasil tes nanti bisa kita gunakan sebagai indikator mudah/sulitnya materi, mengerti/tidaknya murid, berhasil/tidaknya pembelajaran yang kita berikan ke murid.

Di sisi lain murid perlu memiliki motivasi yang kuat baik yang timbul karena dorongan dari luar maupn dari dalam diri sendiri. Murid perlu rajin-rajin bertanya ke guru, ke orang tua, teman apabila menemui kendala dalam belajar. Kemauan keras yang ditunjukkan murid bahwa dia gigih berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik tentunya akan menjadi penilaian khusus bagi guru dan yang pasti Allah Yang Maha Mengetahui.
Kejujuran adalah harga mati untuk menegakkan marwah dan khormatan diri sebagai pelajar muslim.

Dengan usaha maksimal, belajar tekun, sudah menjalani proses dengan sebaik-baiknya sembari kita mengadukan keluh kesah dan berdoa penuh harap, serahkan hasil akhir pada Allah Subhanahu Wa Taala, yang maha adil memberikan hasil yang layak dan pantas untuk kita terima. Sholat dhuha, rawatib, tahajud dengan terus berusaha menyempurnakan wudhu dan memperbaiki kualitas sholat fardu, insyaAllah akan meringankan langkah dan usaha menuju hasil paling baik dalam ridho Allah, dan pastinya minta juga doa dari orang tua kita dan berusaha membuat mereka ridho/rela, karena ridho Allah akan ada bila kedua orang tua kita ridho/rela.

Mari kita bersama berjuang, Allahlah Maha Memberi Pertolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar